Tips Agar Tidak Tertipu Dalam Membeli Mobil Bekas


Kondisi transportasi umum yang belum nyaman sekarang, membuat beberapa orang ingin berpindah ke kendaraan pribadi. Sayangnya, untuk membeli kendaraan pribadi, khususnya mobil, memerlukan biaya yang cukup banyak. Ada pilihan lain bila ingin membeli mobil, yakni dengan kredit mobil bekas dengan pengajuan kredit mobil bekas di BCA Syariah


Kita memang kadang sangsi untuk beli mobil bekas, sebab takut tertipu, rusak, atau mobil tidak nyaman, agar kita tidak sanggsi kita harus cermat sebelum beli. Memerhatikan serta memeriksa secara baik sebelum beli mobil, tidak cuma fisik mobilnya saja tapi cek keseluruhannya. Ada banyak hal yang penting dilihat sebelum beli mobil . 

Berikut beberapa panduan beli mobil bekas yang perlu anda tahu. 

1. Analisa Sebelum Beli 

Sebelum anda beli mobil, prioritaskan untuk analisa sedalam-dalamnya tentang mobil bekas. Analisa tentang mobil bekas ini bisa anda dapatkan dari mana sumbernya saja, baik dari rekan, keluarga, majalah-majalah otomotif, atau dari beberapa situs otomotif, serta sosial media. 

Dalam analisa itu, anda sebaiknya cari tentang detail mobil, perbandingan tiap mobil, serta harga. Yakinkan mobil itu sesuai kemauan Anda. 

Dalami secara baik tiap info yang masuk. Dari analisa ini, anda akan memperoleh input yang banyak. Makin banyak info yang masuk, bisa menolong anda untuk tentukan mana mobil bekas yang bermutu. 

2. Tetapkan Tempat Beli 

Sesudah lakukan analisa, hal setelah itu yang bisa dikerjakan ialah pilih tempat beli mobil. Sekarang banyak terdapat pilihan, baik dari penjualnya langsung, showroom, atau lewat penghubung. 

Langkah yang termudah ialah anda beli pada orang yang ingin menjualnya langsung. Sebab, orang itu memahami tentang mobilnya. Pemiliknya semakin lebih tahu tentang perawatan serta keadaan mobil yang akan dia jual. 

Bila anda beli lewat dealer atau showroom, keunggulannya ialah anda mempunyai beberapa pilihan. Walau harga yang ditawarkan tambah mahal serta anda tidak bisa menggali info lebih dalam genai mobil itu. Kelebihan dari beli mobil lewat showroom ini ialah bisa mobil telah di-service terlebih dulu. 

Langkah lain yang bisa dilakukan saat beli mobil bekas ialah lewat penghubung. Dalam soal ini berarti anda butuh waspada, yakinkan penghubung itu memahami tentang mobil yang dijualnya. Tetapi, dari sisi harga, pasti tambah mahal saat kita beli mobil lewat penghubung. 

3. Ketahui Latar Belakang Mobil 

Sebelum putuskan untuk beli mobil, lihat juga background atau sangkut-paut mobil itu. Tanyakanlah pada pemilik mobil dengan detil tentang mobil yang akan kita beli. Seperti : kapan beli mobil ;; ke mana umumnya bawa mobil ;; frekwensi memakai mobil ;; kisah kerusakan ;; kecelakaan ;; serta berapa seringkali lakukan service serta perawatan ;; tentang fakta penjualan. 

Bila anda senang dengan jawaban-jawabannya, anda langsung dapat lakukan penelusuran mobil. 

4. Check Body Mobil 

Sebelum beli mobil, periksalah kendarannya. Sisi pertama yang gampang dilihat ialah fisik atau body mobil. Dari sinikah kelihatan kejujuran pemilik kendaraan. Sisi fisik mobil yang penting dilihat ialah keadaan cat mobil, adakah guratan, karat, penyok, atau mungkin masih mulus. 

Selanjutnya, cek serta lihat tiap detil body mobil, terhitung plafon. Ciri plafon yang masih bagus ialah dia masih tebal. Plafon ini butuh dilihat sebab akan membuat perlindungan suhu udara di mobil, khususnya siang hari. Ban mobil jangan lepas dari perhatian kita. Bila ban telah tipis, bermakna anda peluang harusnya mengubahnya. Lampu, kolong mobil, harus juga kita lihat. Janganlah sampai lepas dari perhatian kita. 


Post a Comment

0 Comments